Skip to main content

Kuliah Tamu Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat

11 Oktober 2018, 15:47, dibaca 75 kali
Share |

Selasa (15/09/2018) Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (S1) FKM UNSRI telah mengadakan Kuliah Tamu dengan tema “Kebijakan Kesehatan” yang dilaksanakan di Gedung Student Center FKM UNSRI. Kuliah tamu tersebut diikuti oleh mahasiswa FKM UNSRI, adapun narasumber kuliah tamu adalah Dr. Dra. Dumilah Ayuningtyas, MARS dosen Universitas Indonesia.

Acara ini dibuka oleh Dekan FKM UNSRI dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik (Asmaripa Ainy, S.Si., M.Kes) dan dimoderatori oleh Dr. Misnaniarti, S.K.M., M.K.M.

Narasumber menyapaikan tentang kebijakan pelayanan publik yang terkait bidang kesehatan antara lain rekomendasi kebijakan, peranan advokasi dalam kebijakan, fungsi control (monitoring dan evaluasi) pada proses pengembangan kebijakan. Narasumber juga mendorong mahasiswa FKM UNSRI untuk terus belajar untuk masa depan pengembangan kebijakan kesehatan lebih baik antaranya yang efisien, efektif, berkeadilan, tepat guna, dan tanggap terhadap masyarakat.

Dr. Misnaniarti, S.K.M., M.K.M berkesempatan menyimpulkan dua poin penting dari apa yang telah disampaikan oleh narasumber, yaitu :

- bahwa kebijakan itu adalah aturan dari pemerintah yang just trust or not just sweet karena kebijakan itu sangat luas;

- memposisikan diri untuk mengeksplorasi informasi-informasi terkait dengan kebijakan kesehatan.

Untuk mendengar atau mengunduh materi dalam format mp3 (audio) silahkan KLIK.

(AI TIK FKM 10/10/2018)