Skip to main content

Juara Action Plan Proposal dalam Kegiatan Badenas 2019

02 Oktober 2019, 00:00, dibaca 22 kali
Share |

 

 

ACTION PLAN PROPOSAL

BAKTI DESA NASIONAL 2019

Tema

“Bergerak Dari Semangat Peradaban Sriwijaya, Untuk Indonesia Yang Gemilang”


Bakti Desa Nasional 2019 adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya (BEM KM FKM UNSRI). Kegiatan ini telah  dilakukan pada tahun sebelumnya dengan nama kegiatan Bakti Desa Nasional 2018 yang diadakan di Desa Ulak Kerbau Lama, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Untuk tahun ini, pengabdian akan diselenggarakan di desa yang terpilih yaitu Desa Rantau Panjang Ulu.

Kegiatan ini mengajak mahasiswa dari seluruh Indonesia bersatu untuk mengabdi dan berbagi manfaat kepada masyarakat Desa Rantau Panjang Ulu. Hal ini ditujukan agar setiap mahasiswa dapat saling tukar wawasan mengenai pengabdian yang ada di daerahnya masing-masing. Dengan latar belakang dan pengalaman yang berbeda tersebut, diharapkan dapat terjalin komunikasi yang baik dalam rangka memecahkan permasalahan yang ada dan menjadikan permasalahan tersebut sebagai sebuah inovasi baru yang dibutuhkan oleh masyarakat.

 

Subtema

1. Pengembangan Potensi Bidang Ekonomi Kreatif

2. Pengembangan Potensi Bidang Kesehatan

3. Pengembangan Potensi Bidang Kependudukan

4. Pengembangan Potensi Bidang Pendidikan

5. Pengembangan Potensi Bidang Sanitasi Lingkungan

(Pilih salah satu tema yang cocok dengan potensi yang dimiliki desa pada profil desa sasaran Bakti Desa Nasional 2019)

 

Deskripsi Umum Action Plan Proposal

        Action Plan Proposal adalah proposal pengabdian masyarakat yang berisi tentang inovasi dari peserta untuk mengembangkan potensi desa sasaran Bakti Desa Nasional 2019 sesuai dengan tema dan sub tema yang telah disediakan di atas.

        Action Plan Proposal merupakan syarat yang harus dipenuhi peserta agar dapat tergabung dalam kegiatan Bakti Desa Nasional 2019. Setiap Action Plan Proposal terbaik akan dipilih untuk dipaparkan dan diterapkan di desa sasaran dengan tujuan menumbuhkan jiwa pengabdian dan menggali pemikiran kritis mahasiswa dalam melihat potensi pengembangan desa di bumi Sriwijaya. Inovasi sederhana dari permasalahan desa diutamakan bersifat mudah dan efisien untuk diterapkan dalam masa pelaksanaan kegiatan. Waktu Pendaftaran dan Pengumpulan Proposal Pendaftaran dan Pengumpulan Action Plan Proposal Gelombang 1* dimulai dari 20 Mei – 1 Juli 2019 pukul 23.59 WIB.

*Note: Gelombang 2 hanya akan dibuka jika Gelombang 1 belum memenuhi kuota peserta.

 

Peserta

     Peserta Action Plan Proposal merupakan mahasiswa aktif dari jenjang D3/D4/S1 dari PTN/PTS seluruh Indonesia yang mempunyai semangat untuk mengabdi nmembangun desa.

Ketentuan Peserta

1. Peserta dapat berupa individu atau pun tim yang beranggotakan maksimal 3 orang.

2. Peserta dalam bentuk tim, diperbolehkan berasal dari berbagai jurusan/ lintas jurusan dalam satu Perguruan Tinggi yang sama.

3. Setiap mahasiswa diperbolehkan mengirim lebih dari satu Action Plan Proposal tetapi dalam tim yang berbeda.

4. Setiap mahasiswa hanya diperbolehkan menjadi ketua pada satu Action Plan Proposal.

5. Tim yang telah mendaftarkan diri tidak diperkenankan mengganti anggotanya selama rangkaian kegiatan Bakti Desa Nasional 2019 berlangsung.

6. Peserta wajib menggunakan nama asli sesuai dengan identitas resmi (KTP/KTM/SIM/Paspor).

7. Peserta di wajibkan untuk mengikuti seluruh rangaian kegiatan Bakti Desa Nasional 2019 .

8. Peserta wajib mengikuti seluruh ketentuan panitia selama di desa demi untuk kelancaran kegiatan

 

Dalam menilai action plan proposal yang telah dibuat oleh peserta, pertama kali yang dilakukan adalah :

1. Penilaian Action Plan secara Sistematika Penulisan

Action plan yang diajukan oleh peserta sebagai syarat untuk mengikuti lomba ini dinilai oleh dosen FKM yang memang telah mengerti secara mendalam tata penulisan ilmiah.

Discovery Plan : Kegiatan survey desa untuk menemukan permasalahan yang ada di desa serta potensi apa saja yang dimiliki oleh desa. Untuk mengefesiensikan waktu dan mempermudah berlangsungnya kegiatan, maka peserta akan dikelompokkan berdasarkan action plan mereka dan akan melakukan survey dalam rentang waktu yang telah ditentukan.

Focus Group Discussion (FGD) : Kegiatan diskusi, perumusan masalah, pemecahan masalah dan pengembangan potensi desa sesuai action plan proposal peserta yang didukung dengan data hasil survei singkat pada kegiatan discovery plan.

Mind Mapping : Kegiatan Memaparkan Action Plan Proposal yang di pilih melalui FGD, Action Plan tersebut merupakan action plan yang paling sesuai dengan keadaan atau permasalahan yang ada di desa Rantau Panjang Ulu.

Youth in Action : Kegiatan lanjutan dari FGD yaitu pengimplementasian hasil dari FGD yang telah dilakukan peserta sebelumnya. 

Bakti Desa Nasional (Badenas) 2019 telah berlangsung dari tanggal 26-29 September 2019 yang bertempat di Desa Rantau Panjang Ulu, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Bersama ini kami sampaikan pemenang/juara Action Plan Proposal, sebagai berikut :

 

Juara Action Plan Proposal Badenas 2019

JUARA 1

  Universitas Negeri Jambi  

 1. Cikal Yudhistira Liasa

 2. Riqzi Aqsyari D 

 3. Lutviyah Nurfath

JUARA 2

Universitas Sebelas Maret

 1. Lismira Fitri Astuti

 2. Uswatun Hasanah

 3. Raden Roro Ilma Kusuma Wardani

 

JUARA 3


Universitas Jember

 1. Rahmanurraudhotul Amin

 2. Ahmad Ilham Nur Rahman

 3. Ranimas Ayu Wulandari 

JUARA BEST ACTION PLAN

Universitas Jember

 1. Naufal Alvian Rionaldi

 2. Dewi Permata Sari Nur

 3. Muhammad Adilya R