Skip to main content

KOMISI ETIK PENELITIAN KESEHATAN FKM UNSRI

Dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan sebagai landasan hukum pembangunan kesehatan telah memberikan arah pengaturan guna meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, dilakukan melalui upaya kesehatan yang didukung dengan sumber daya kesehatan. Salah satu sumber daya kesehatan yaitu teknologi dan produk teknologi kesehatan. Teknologi dan produk teknologi kesehatan dihasilkanmelalui kegiatan penelitian dan pengembangan kesehatan.

Penelitian dan pengembangan kesehatan harus memperhatikan asas perikemanusiaan, keseimbangan, manfaat, pelindungan, penghormatan terhadap hak dan kewajiban, keadilan, gender dan nondiskriminatif dan norma-norma agama.

Oleh karena itu penelitian dan pengembangan yang mengikutsertakan manusia sebagai subyek dan memanfaatkan hewan coba sebagai subyek harus sesuai dengan kaidah etika penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan kesehatan dikoordinasikan penyelenggaraannya oleh Pemerintah.

Sebagai pelaksanaan ketentuan ketentuan Pasal 42, Pasal 43, Pasal 44 dan Pasal 45 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dimana diamanatkan mengenai adanya ketentuan tentang teknologi dan produk teknologi kesehatan yang harus memenuhi standar, pembentukan lembaga yang bertugas dan berwenang melakukan penapisan, pengaturan, pemanfaatan, serta pengawasan terhadap penggunaan teknologi dan produk teknologiyang dilaksanakan oleh lembaga penelitian dan pengembangan kesehatan, pengembangan teknologi dan produk teknologi kesehatan serta pelaksanaan uji coba terhadap manusia.

Penelitian dan pengembangan kesehatan juga harus dilaksanakan sesuai dengan sistem nasional penelitian, pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologiyang bertujuan memperkuat daya dukung ilmu pengetahuan dan teknologi bagi keperluan mempercepat pencapaian tujuan negara, serta meningkatkan daya saing dan kemandirian dalam memperjuangkan kepentingan negara dalam pergaulan internasional.

Penelitian dan pengembangan, pemanfaatan dan penapisan teknologi dan produk teknologi kesehatan yang diselenggarakan dan dikoordinasikan guna memberikan data kesehatan yang berbasis bukti perlu dikelola sebaik-baiknya sehingga tujuan untuk menghasilkan informasi kesehatan, teknologi, produk teknologi, dan teknologi informasi (TI) kesehatan untuk mendukung pembangunan kesehatan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat dicapai. Hasil penelitian dan pengembangan kesehatan juga harus dilindungi dengan hak kekayaan intelektual sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Komisi Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) FKM Unsri dibentuk berdasarkan SK Dekan No. 344/UN9.1.10/KP/2018. Struktur organisasi pada KEPK FKM Unsri terdiri dari Ketua (Dr. Rostika Flora, S.Kep., M.Kes), Sekretaris (Indah Purnama Sari, S.K.M., M.KM), dan Sektretariat (Fakhriyatiningrum, S.Si).

 

Keterangan:

P      : Peneliti

S      : Sekretaris

K      : Ketua

E1     : Exempted

E2     : Expidated

FB     : Full Board

TBD   : Tidak Bisa Dibahas

PE     : Penelaah

LP     : Lay Person

LAMP : Lampiran

 

Syarat dan Ketentuan Pengajuan Permohonan Kaji Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) FKM UNSRI

Diinformasikan bagi dosen, mahasiswa/I, peneliti yang akan mengajukan permohonan kaji etik, berikut kami lampirkan format syarat dan formulir, silahkan klik dan unduh di bawah ini.

1. Untuk Dosen, syarat pengajuan :

  • Formulir pengisian permohonan etik untuk tahun 2017 klik

  • Formulir pengisian permohonan etik untuk tahun 2018 klik

  • Protokol penelitian untuk tahun 2018 klik

  • Mengisi 7 standar dan indikator klik

  • Mengisi Inform Concent klik

2. Untuk Peneliti, syarat pengajuan :

  • Formulir pengisian permohonan etik untuk peneliti klik

  • Mengisi protokol penelitian klik

  • Mengisi 7 standar dan indikator klik

  • Mengisi Inform Concent klik

3. Untuk Mahasiswa, syarat pengajuan :

  • Mengajukan surat permohonan etik klik

  • Mengisi protokol penelitian klik

  • Mengisi Inform Concent klik